Succes is my right

Dalam sebuah kuliah, sebelum bapak dosen menjelaskan tentang materi kuliah, kebetulan saat itu pertemuan perdana, beliau menampilkan sebuah slide yang bertulisakan succes is my right. Kemudian beliau menjelaskan tentang makna yang terkandung didalam kalimat yang singkat tapi bermakna luas itu.
Beliau mengatakan bahwa setiap manusia mempunyai hak yang sama untuk menjadi orang yang sukses. Karena sukses itu adalah hak. Kemudian beliau bercerita tentang orang-orang sukses yang pernah beliau kenal. Setelah beliau menceritakan kisah sebagian teman-temannya, beliau memberikan kepada kami sedikit motivasi kepada kami untuk bangkit menjadi orang yang bisa dan mampu untuk menjadi orang yang sukses menyelesaikan kuliah dengan cepat sesuai terget.
Ia.... Nasihat yang sangat mengena menurut saya.
Kalau saya mau melihat kenyataan yang ada, sebenarnya, setiap manusia yang sadar mempunyai impian dan cita-cita untuk menjadi orang yang sukses. Sukses dalam berbagai aspek kehidupannya. Terlebih lagi menjadi orang yang sukses untuk kehidupan akhirat.
Tetapi ternyata niatan untuk menjadi orang sukses tidak hanya terbatas kepada keinginan kosong belaka. Tidak hanya terbatas kepada apa yang diungkapkan oleh bibir. Kesuksesan bukanlah sebuah kenyataan yang hanya bisa diangan-angankan. Bukanlah sesuatu yang mudah. Kesuksesan memiliki jalan. Dan jalan yang paling besar untuk mencapai kesuksesan adalah pengorbanan. Ia.........Pengorbanan. Betul atau tidak silahkan anda buktikan.
Pengorbanan adalah perjuangan. Pengorbanan merupakan jalan. Liku-liku yang dihadapi oleh orang yang ingin sukses tidaklah sedikit. Ia ibaratkan mengarungi lautan yang gelombangnya besar menuju sebuah pulau emas yang jauh jaraknya dan gelombang laut yang menuju pulau tersebut besar. Semakin jauh ia berlayar, semakin besar gelombang yang dia arungi. Tentu saja, jika kapal yang dia tumpangi adalah kapal yang bocor, maka dengan mudah kapal tersebut akan tenggelam diterpa gelombang. Dengan kapal yang tidak bocor dan besar, maka seberapa besarpun gelombang yang menerpanya tidak akan mempengaruhi keseimbangan kapal. Dan kapal itu akan sampai dengan selamat di pulau emas dan mengambil emas yang ada dipualu tersebut sebanyak-banyaknya. Jika kapalnya kecil dan bocor, maka baru saja dia star melewati gelombang, kapalnya remuk duluan diterpa gelombang. Dia tidak akan sampai kepulau emas, dan diapun tidak akan mendapatkan sedikitpun emas yang ada dipulau tersebut. Inilah sedikit gambaran perumpamaan orang yang mencapai kesuksesan. Pengorbanan untuk mencapai kesuksesan harus besar untuk mencapai kesuksesan yang besar. Karena hasil yang didapatkan itu sebanding dengan apa yang dikorbankan. Bukan berbanding terbalik. Mustahil.
Karena sukses adalah hak kita semua, maka kitapun mempunyai peluan untuk mendapatkan kesuksesan. Tetapi untuk hal ini, semua kembali kepada kita. Apakah kita mau sukses atau tidak. Jika mau sukses, maka carilah jalan-jalan menuju kesuksesan dan bersiaplah berhadapan dengan liku-likunya. Pengorbanan yang diberikan juga harus besar. Tidak berpangku tangan saja. Jika tidak, maka silahkan berdian diri tetapi anda harus dapatkan konsekuensinya bahwa anda tidak akan mendapatkan apa-apa kecuali penyesalan. Mari kita renungkan potensi yang ada pada diri kita kemudian lenjitkan potensi yang ada pada jalan yang benar untuk mencapai kesuksesan yang kita inginkan itu. Sekali lagi, rela berkorban itu merupakan salah satu jalan untuk mencapai kesuksesan.

2 komentar:

Anonymous said...

yeah!!!chayo...!!! smangat3!!!
bahasanya sudah bagus akh..sudah ketularan sama cecep ghehe...tetap mengamati sekitar dan jadikan sebagai perbaikan untuk semua...[whaduh....apapulaa maksud saya ini...hihi]

Arbin said...

Terima kasih akh...
Saran dan kritiknya dibutuhkan deni perbaikan blog ini. Pokoknya dikomentari aja. mulai dari skin sampe isi. Oke akhi?
Saya tidak ketularan akhi... Sudah itulah sebagian dari tipe saya.

Template by : Kendhin x-template.blogspot.com