Cara Pandang Manusia dalam menghadapi Masalah

Pengalaman adalah guru yang paling baik. Begitu kata orang bijak. Ia...! Setiap manusia dalam menjalani kehidupannya sering dihadapkan pada keadaan yang berbeda-beda dan itu semua adalah pengalaman hidup seorang manusia. Maka dalam menghadapi keadaan yang berbeda ini, cara tanggap manusia pun berbeda-beda. Oleh karena itu, dalam tulisan ini saya akan sedikit mecoba mengangkat masalah cara pandang manusia dalam menghadapi sebuah masalah. Adapun cara pandang manusia terhadap masalah adalah sebagai berikut :
1. Orang yang menganggap bahwa masalah yang dihadapi merupakan sesuatu yang besar, sehingga dia menjadi pesimis dan merasa bahwa sudah tidak ada lagi solusi dari masalah yang dihadapinya tersebut. Dan orang yang seperti ini kebanyakan apatis dan pasif dalam kehidupannya. Tidak ada aktivitas dan usaha nuntuk menyelesaikan masalah yang dihadapinya tersebut. Semoga kita tidak termasuk tipe yang seperti ini.
2. Orang yang menganggap bahwa masalah itu adalah sesuatu yang harus diselesaikan. Dan dia kemudian berusaha menyelesaikan masalah yang dihadapinya tersebut. Tetapi. karena solusi yang dilakukannya tidak mampu menyelesaikan masalah yang dihadapinya, maka dia menjadi lemah. Hilang semangat. Motivasi untuk bangkit menyelesaikan masalahnya menjadi hilang. Kecewa jadinya. Makanya orang yang semacam ini harus di motivasi agar tidak cepat putus asa dalam menghadapi masalah. Bangkit untuk menuju ketantangan selanjutnya. Menguji kedewasaan dalam berpikir.
3. Orang yang mendapat masalah, kemudian berusaha keras untuk menyelesaikan masalah-masalah yang dihadapi tersebut. Tidak ada kata mundur. Motivasi senantiasa dimunculkan dalam pemikirannya. Orang seperti ini termasuk orang yang gesit dan memiliki motivasi yang tinggi. Kegagalan yang didpatkan dianggap sebagai jalan untuk menuju kesuksesan. Gagal adalah enjoy yang tertunda.
Dari ketiga poin yang ada ini, kembali kepada kita cara mana yang akan dipilih dalam menghadapi masalah.

1 komentar:

Anonymous said...

ha yang paling penting dalam menghadapi masalah kita semestinya ingat dan yakin dengan firman Allah dalam surat al-asyr:6 "sesungguhnya bersama kesulitan itu terdapat kemudahan" agar kita bisa terus berjuang menyelesaikan permasalahan

Template by : Kendhin x-template.blogspot.com