Apakah anda punya ide???

Jika kita punya masalah, tentu sebagai orang yang sadar akan masalah itu serta dampak buruk yang akan menimpa, maka kita ingin agar masalah kita selesai. Masalah itu hilnag seiring dengan usaha yang kita lakukan. Dan metode kita dalam menyelesaikannya berbeda-beda. Tergantung kondisi dan keadaan. Maka pada tulisan ini, saya akan sedikit mencoba memberikan satu solusi untuk menyelesaikan masalah. Bahkan masalah yang sangat besarpun, dapat diselesaikan dengan metode ini. Tentu saja, masalah yang besar dapat diselesaikan dengan memerlukan pengorbanan yang besar pula.
Saya yakin, saya dan anda semua memiliki ide-ide yang cemerlang. Hanya sayang, terkadang kita tidak mengembangkan ide yang kita miliki. Kita abaikan saja. Membiarkan pemikiran kita lewat dan larut bersama aliran waktu wang tidak pernah berhenti berjalan. Padahal, otak kita memiliki neuron yang sangat banyak untuk menelaah serta mengkaji apa yang ada disekitar kita. Membiarkan otak macet tanpa berpikir sebenarnya menjadi penyebab kita buntu. Pendek pikiran. Masalah yang didapat ingin cepat beres. Kita merasa bahwa kita ini bodoh. Otak buntu. Tidak seencer Einsten, atau Habibie atau orang-orang yang hari ini memiliki kecerdasan intelektual yang tinggi. Kitapun memiliki potensi untuk menjadi cerdas dan dapat menyelesaikan masalah-masalah yang dihadapi. Kembali kekita. Maukah kita menyelesaikan problem itu atau tidak.
Mengidentifikasi masalah, merupakan langkah awal yang harus dilakukan dalam menyelesaikan masalah. Ini penting, agar terfokus arah pemikiran kita. Tidak terbagi dengan hal-hal lain. Kemudian memahami masalah yang dihadapi tersebut. Setelah itu kemukakan ide untuk menyelesaikannya. Ingat, DICATAT idenya. Jangan cuman dipikirkan aja. Catat saja. Ide baik atau buruk. Yang jelas, arahnya adalah penyelesaian masalah kita. Setelah ide-ide kita terkumpul dalam catatan, maka buatkanlah pertnyaan. Apakah ide yang kita kemukakan ini efektif untuk menyelesaikan masalah ataukah tidak akan efektif. Tentu saja, kemukakan alasan-alasannya apakah ide itu efektif atau tidak. Nah....! Dari ide yang kita ajukan serta alasan-alasan yang kita kemuakakan dalam penyelesaian masalah, maka kita ambil yang solusi yang terbaik. Yang merupakan penyelesaian yang terbaik. Efektifnya lebih besar, sedangkan tidak efektifnya lebih kecil, atau bahkan tidak ada tidak efektifnya. Buatkan tabel tersendiri.
Mudah-mudahan kita mampu menyelesaikan problem-problem yang kita hadapi.


0 komentar:

Template by : Kendhin x-template.blogspot.com